KSPMS Prodi Ekonomi Islam Sharing Session Personal Branding
Kelompok Studi Pasar Modal Syariah (KSPMS) Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) adakan sharing session Personal Branding dan pembuatan Curriculum Vitae (CV). Di bawah naungan Galeri Investasi Syariah (GIS) Kelompok studi pasar modal syariah yang sekaligus klub investasi ini biasa mengadakan kajian rutin dua minggu sekali pada setiap selasa malam yang membahas tentang pasar modal syariah. Berbeda dengan kajian – kajian sebelumnya, pada hari Selasa, 8 Mei 2018 KSPMS memberikan materi kajian mengenai bagaimana membangun personal branding dan membuat CV yang menarik. Materi kajian yang diadakan di Laboratorium GIS ini disampaikan oleh Nafis Husna Khoirunnisa mahasiswa ekonomi Islam 2015 sekaligus koordinator divisi public relation KSPMS.
Mahasiswi yang sudah beberapa kali menjadi delegasi Prodi Ekonomi Islam dalam ajang internasional ini berbagi pengalamanya dalam membuat CV yang biasa ia ajukan untuk mendaftarkan diri di berbagai kegiatan maupun organisasi. Beberapa tips yang Nafis berikan dalam membuat CV secara berurutan ialah dengan melakukan job research yaitu banyak mencari tahu tentang posisi atau bidang yang akan dilamar, mengetahui konten umum yang harus ada di dalam CV, men-design semenarik mungkin, dan mengkoreksi ulang CV tersebut. Pada kesempatan ini ia juga berbagi situs yang sering ia gunakan dalam men-design CV yaitu www.canva.com. Selanjutnya, Nafis menyampaikan materinya mengenai personal branding. Personal Branding adalah bagaimana seseorang memaksimalkan atau faham betul value dan skill yang dimiliki untuk meniti karir atau dapat juga diartikan bagamaimana seseorang dapat memasarkan diri ditengah persaingan pasar yang semakin kompetitif. Beberapa tips untuk membangun personal branding yang ia sampaikan dimulai dari mengenali potensi yang dimiliki, membangun karakter positif, menunjukkan diri, hingga mengembangkan potensi dan karakter positif tersebut. pada akhir materi ia menekankan bahwa personal branding ialah sebuah upaya sungguh-sungguh untuk meningkatkan diri secara positif bukan memoles agar terlihat baik. “ Bukan pencitraan, tapi usaha yang melebur dalam kepribadian” ujar Nafis. “Membangun personal branding ini penting dalam persaingan pasar yang semakin kompetitif seperti sekarang ini” pungkasnya.
Antusiasme peserta kajian terlihat sangat baik. Terbukti dengan adanya banyak pertanyaan yang diajukan perserta untuk tahu lebih banyak mengenai materi tersebut. Peserta yang menghadiri kajian ini pun beragam dari beberapa fakultas yang berbeda yaitu; mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Ekonomi, dan bahkan eksternal UII yaitu mahasiswa STIE YKPN dan UTY. Materi diberikan dalam rangka membekali mahasiswa khususnya pengurus KSPMS sendiri kemampuan untuk mengembangan diri di era yang semakin kompetitif sehingga dapat mendukung pencapaian karir yang baik.