Tentang PKL

Praktik Kerja Lapangan

Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dahulunya disebut permagangan merupakan bagian dari pengembangan softskill pada dunia kerja yang wajib dilakukan oeh mahasiswa sebagai salah satu syarat memperoleh derajat sarjana strata satu (S1). PKL dilaksanakan di sebuah institusi tertentu untuk mengaplikasikan kompetensi mahasiswa di bidang keilmuanya. Waktu pelaksanaan PKL yang diberikan adalah sekurang-kurangnya 30 hari aktif kerja dan maksimal 60 hari aktif kerja.

Tujuan PKL adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat, memperhatikan dan bersentuhan langsung dengan dunia kerja serta mencoba menerapkan pengetahuan yang telah didapat di kampus. Dengan adanya PKL tersebut diharapkan mahasiswa akan dapat mengetahui kebutuhan dunia kerja dan menjadikanya acuan dalam mengembangkan potensi keilmuanya.

PKL dipersyaratkan untuk mahasiswa Ekonomi Islam FIAI UII yang telah menempuh 120 SKS dan telah diterima di instansi atau perusahaan yang sesuai dengan disiplin ilmu dan memberikan kontribusi keilmuan bagi Prodi Ekonomi Islam. Dikhususkan untuk PKL di luar negeri, mahasiswa dipersyaratkan memiliki kemempuan bahasa Inggris aktif dan telah lolos tes proposal berbahasa Inggris yang diuji oleh dewan penguji.

Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) FIAI UII membuka kesempatan bagi mahasiswanya untuk melaksanakan PKL di luar negeri demi menambah keilmuan para mahasiswanya. PSEI juga berkolaborasi dengan Internasional Program UII untuk memberikan kesempatan mahasiswa mengikuti PKL melalui Program SEA-Teacher Project. SEA-Teacher Project merupakan salah satu program dari The Shoutheast Asian Ministers of Education Organizaton (SEAMEO) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa di ASEAN untuk memiliki pengalaman mengajar di negara penempatan yang telah ditentukan.

Alur PKL

Alur Praktik Kerja Lapangan

Download

Download Praktik Kerja Lapangan

Buku Panduan Praktik kerja Lapangan

Template Proposal

Template Laporan

Video PKL

Video Praktik Kerja Lapangan