Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat datang di situs web Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII).

PSEI FIAI UII berdiri pada tahun 2003 dan meraih akreditasi B pada tahun 2014 berdasarkan SK BAN-PT No. 372/BAN-PT/Akred/S/IX/2014. PSEI FIAI UII merupakan prodi Ekonomi Islam pertama yang mendapatkan izin operasional dari Departemen Agama RI untuk mengeluarkan ijazah Sarjana Ekonomi Islam (SEI) pada tahun 2003.

PSEI FIAI UII didukung oleh sumber daya yang sangat mencukupi untuk mendukung tercapainya visi   Menjadi Program Studi Unggulan di Bidang Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Islam Pada Level Asia Sebelum Tahun 2025”. Dosen pengajar PSEI FIAI UII terdiri dari akademisi, praktisi lembaga keuangan Islam, dan wirausahawan yang memiliki kualifikasi akademik yang diperoleh dari universitas-universitas yang terakreditasi, baik dari dalam mapun luar negeri yang sesuai dengan bidang-bidang keilmuannya.

Lulusan PSEI FIAI UII berpeluang menjadi praktisi profesional di bidang keuangan dan perbankan Islam, keuangan publik Islam, pelaku usaha dan peneliti muda. Desain kurikulum berbasis KKNI yang berorientasi pada pencapaian kompetensi sesuai tuntutan zaman. Pembelajaran dilaksanakan dengan pemanfaatan IT dalam suasana menyenangkan serta penekanan pada pembelajaran aktif sehingga terwujud  suasana akademik yang kondusif.

Upaya dalam membentuk kompetensi yang sesuai kebutuhan dan standar dunia kerja baik internal dan eksternal termasuk tuntutan pasar kerja, PSEI FIAI UII dilengkapi dengan Pusat Kajian dan Konsultasi Ekonomi Islam (PK2EI), laboratorium Bank Mini dan Laboratorium Pasar Modal Syariah (Galeri Investasi Syariah) yang pertama di Indonesia. Selain itu, kerjasama dengan beberapa lembaga keuangan syariah, perusahaan dan instansi pendidikan baik didalam maupun luar negeri, memungkinkan mahasiswa untuk dapat terjun langsung ke dunia kerja melalui skema praktek kerja lapangan.

Pengembangan karakter Islami mahasiswa dilakukan melalui Pendalaman Nilai Dasar Islam (PNDI), Pengemban gan Diri Qurani, Pelatihan Pengembangan Diri, dan Pelatihan Kepemimpinan dan Dakwah. Selain itu, keberadaan lembaga mahasiswa seperti Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), Forum Kajian Ekonomi Islam (FKEI), dan seperangkat kegiatan ekstra kurikuler menjadi sarana dan media bagi mahasiswa agar dapat menggali dan mengembangkan potensi serta kreativitasnya.

PSEI FIAI UII terus berkomitmen mewujudkan lulusan yang berkompeten secara teoritis dan praktis, serta berkarakter Amanah, Profesional, Istiqomah dan Komunikatif (APIK), dalam bingkai Rahmatan Lil ‘Alamin. Persiapkan kesuksesan masa depan Anda, dan bergabunglah bersama PSEI FIAI UII, semoga Allah meridhoi semua upaya dan cita-cita kita semua. Amin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yogyakarta, 22 September 2018

 

 

 

 

 

 

 

Soya Sobaya, S.E.I., M.M.
Ketua PSEI