Mahasiswa-Prodi-Ekonomi-Islam

Prodi Ekonomi Islam Selenggarakan PKL ASEAN

Nafis-Mahasiswi-Prodi-Ekonomi-Islam

Fakhri-Mahasiswa-Prodi-Ekonomi-Islam

Prodi Ekonomi Islam terus berupaya untuk mencetak lulusan yang professional dibidang Ekonomi Islam dengan terus mendukung dan memfsilitasi kegiatan mahasiswa prodi ekonomi Islam untuk aktif dalam kegiatan nasional maupun internasional. Kali ini, dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Mahasiswa (SDM) untuk tidak hanya dapat professional sebagai praktisi namun juga membentuk lulusan yang siap menjadi pendidik. untuk yang pertama kalinya Prodi Ekonomi Islam menyelenggarakan PKL di negara ASEAN bekerjasama dengan SEAMEO (Shoutheast Asian Ministers of Education Organization) dalam program yang bertajuk “Pre-Service Student Teacher Exchange in Shoutheast Asia ( SEA-Teacher Project).

                Program SEA-Teacher periode pertama ini diikuti oleh 2 mahasiswa Prodi Ekonomi Islam angkatan 2015 yang berhasil lolos tahap seleksi berkas dan interview yaitu, M Fakhri Al-Kahfi dan Nafis Husna Khoirunnisa. Keduanya akan melakukan praktik mengajar mata pelajaran ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Sosial di Filipina selama kurang lebih satu bulan sejak 22 Januari 2018 s.d 18 Februari 2018 dengan Pangasinan State University sebagai host universitas. Keduanya tidak ditempatkan di satu dareah yang sama, Nafis ditempatkan di PSU San Carlos Senior High School sedangkan Fakhri ditempatkan di PSU Integrated school Bayambang. Sebelum keberangkatan, delegasi dibekali dengan kelas persiapan berupa materi sosial budaya, strategi pembelajaran, dan bahasa Inggris oleh dosen Prodi Pendidikan Agama Islam FIAI UII. Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar dapat menjadi pendidik yang berwawasan global dan siap menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Selasa 16 Januari 2018 Dr. Dra. Rahmani Timorita Yulianti M.Ag selaku kepala program studi ekonomi islam telah secara resmi melakukan pelepasan delegasi. Pada acara tersebut beliau menyampaikan doa dan dukunganya atas program yang akan delegasi laksanakan selama satu bulan dan berharap hasil dari pengalaman batch 1 delegasi prodi ekonomi islam ini dapat memberikan gambaran dan motivasi bagi mahasiswa yang lainya. Menurut Fakhri, keikutsertaanya dalam program ini merupakan suatu tantangan. “ ini adalah sebuah tantangan, jadi sudah seharusnya kita selaku delegasi dapat menaklukkan tantangan tersebut dengan baik untuk dapat meningkatkan skill dan pengetahuan lebih baik lagi”. Pungkasnya.