Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat datang di situs resmi Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII), teriring doa semoga kita semua dalam keadaan sehat wal-afiat.

Program Studi ini berdiri pada tahun 2003 sebagai Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) pertama di Indonesia, berdasarkan izin operasional yang berwujud Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam nomor DJ./178/03 tentang Izin Operasional Penyelenggaraan Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia tanggal 5 Juni 2003. Berdasarkan Keputusan BAN PT  Nomor 001/BAN-PT/Ak-XII/S1/2009, meskipun masih relatif muda, Program Studi Ekonomi Islam FIAI UII meraih peringkat akreditasi B. Kemudian pada tahun 2014, program Studi Ekonomi Islam kembali memperoleh peringkat akreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor 372/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014.

Dengan visi “terdepan dalam melahirkan intelektual yang berkompeten secara teoritis dan praktis dalam bidang ekonomi dan keuangan Islam serta berkarakter rahmatan lil alamin”, PSEI terus berkarya dan telah memiliki lebih dari 225 alumni, yang berkiprah di tengah-tengah masyarakat di berbagai profesi seperti; ekonom yang islami, praktisi Lembaga Keuangan Syariah, pengusaha, akademisi, peneliti, dan tenaga pelaksana di bidang pembangunan ekonomi, keuangan dan perbankan syariah, serta keuangan publik Islam. Didukung oleh staf pengajar profesional yang terdiri dari guru besar, doktor, dan master lulusan universitas terkemuka dari dalam maupun luar negeri, PSEI memfasilitasi dan memyelenggarakan perkuliahan serta menjalankan misi sebagai berikut:

  1. Menyiapkan lulusan yang memiliki keahlian secara teoritis maupun praktis di bidang ekonomi dan keuangan Islam.
  2. Terwujudnya budaya lulusan yang Amanah, Profesional, Istiqomah, dan Komunikatif
  3. Menyiapkan pakar profesional ekonomi Islam yang memiliki komitmen terhadap keunggulan kompetensi.
  4. Mengembangkan, mengaktualisasikan dan mengkomunikasikan ekonomi Islam melalui pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyyah

Selain perkuliahan, permagangan, dan praktikum di Laboratorium Bank Mini serta Galeri Investasi Syariah, mahasiswa PSEI FIAI UII juga diwajibkan mengikuti berbagai program pengembangan karakter yang berlandaskan nilai keislaman, seperti program Orientasi Nilai Dasar Islam (ONDI), Latihan Kepemimpinan Islam Dasar (LKID), dan pesantrenisasi. Selain itu, keberadaan Pusat Kajian dan Konsultasi Ekonomi Islam (PK2EI), lembaga mahasiswa seperti Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM), Lembaga Pers Mahasiswa, Forum Kajian Ekonomi Islam (FKEI), dan seperangkat kegiatan ekstra kurikuler, telah menyediakan sarana dan media bagi mahasiswa agar dapat menggali dan mengembangkan potensi serta kreativitasnya.

Dalam pengembangan kurikulum, SAP, dan silabi perkuliahan di PSEI FIAI telah diselaraskan dengan komitmen UII untuk terus berkembang dan berpedoman pada kurikulum nasional serta menyesuaikan dengan perkembangan ekonomi, keuangan, dan bisnis Islam, dan kebutuhan pengguna lulusan. PSEI di bawah koordinasi FIAI dan UII, selalu melakukan evaluasi kurikulum dan kualitas pengajaran secara rutin, melalui audit mutu internal yang dilakukan oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM-UII) dan penjaminan mutu ISO 9001:2008 yang dilakukan oleh TUV Rheinland®.

Memasuki era ASEAN Economic Community, UII juga terus mendorong PSEI FIAI untuk meningkatkan peluang kerjasama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun luar negeri, demi mewujudkan UII sebagai world class university. Untuk itulah PSEI FIAI UII terus berkomitmen mewujudkan lulusan yang berkompeten secara teoritis dan praktis, serta berkarakter Amanah, Profesional, Istiqomah dan Komunikatif [APIK], dalam bingkai Rahmatan Lil ‘Alamin.

Persiapkan kesuksesan masa depan Anda, dan bergabunglah bersama Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) FIAI UII, semoga Allah meridhoi semua upaya dan cita-cita kita semua. Amin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yogyakarta, 20 Agustus 2014

bu rita
Dr. Dra. Rahmani Timorita Yulianti, M.Ag.
Ketua PSEI